KHASIAT KUMISKUCING

Khasiat kumis kucing

Sumber : iptek. Net

BAGIAN YANG DIPAKAI :

Seluruh tumbuhan, basah atau kering (dianginkan dahulu, lalu dijemur di panas matahari).

KEGUNAAN:

1. Infeksi ginjal (Acute dan chronic nephritis), infeksi kandung kemih

(Cystitis).

2. Sakit kencing batu.

3. Encok (Gout arthritis).

4. Peluruh air seni (Diuretic).

5. Menghilangkan panas dan lembab.

PEMAKAINAN :

30 – 60 gr. (kering) atau 90 – 120 gr (basah) direbus, atau yang kering/basah diseduh sebagai teh.

CARA PEMAKAIAN:

1. Nephritis, edema (bengkak):

0. aristatus (kumis kucing) 30 gr, Planto asiatica (daun urat) 30 gr,

Hedyotis diffusa. (rumput lidah ular) 30 gr, semuanya direbus.

2. Infeksi saluran kencing, sering kencing sedikit-sedikit

(anyang-anyangan) :

0. aritatus, Phyllanthus urinaria (meniran), Commelina communis,

masing-masing 30 gr., direbus.


Khasiat kumis kucing

Sumber ; www.pandaisikek.net

Tanaman ini memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Daunnya mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Ia juga mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Menurut buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Dr Setiawan Dalimartha, seperti dikutip situs pusat data perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia (Persi), Herba tanaman ini rasanya manis namun sedikit pahit. Herba kumis kucing ini bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yaitu infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing. Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi, cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus itu semua dalam tigha gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

Bagi yang menderita infeksi saluran kencing, sering buang air kecil (volume sedikit dan anyang-anyangan), bisa dicoba penyembuhannya dengan ramuan herba segar daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang masing-masing 30 gram lalu dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, air tersebut kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak tiga kali sehari.

Untuk mengobati kencing batu, 90 gram herba kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, minumlah sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.( jar )


Sumber agrina

Mereguk Khasiat Kumis Kucing

“Kumis kucing biasanya digunakan sebagai peluruh kencing, batu ginjal, kencing manis, tekanan darah tinggi, reumatik gout, dan obat encok,” ungkap Darwanto dari Balai Penelitian Tanaman Obat (BPTO) Tawangmangu, Karanganyar, Jateng.

Mujarab Atasi Kencing Batu

Untuk mengatasi batu ginjal dibutuhkan kurang lebih 25 gram atau seperempat ons daun kumis kucing segar. Daun dicuci bersih dan direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Hasil rebusan diminum dua kali sehari, setengah gelas pada pagi dan sore hari.

Khasiat kumis kucing

Sumber : http://syafaka4wl.multiply.com


Dari dulu, kumis kucing sudah diketahui memiliki bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Semua itu, karena adanya kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi pada daunnya. Kandungan glikosida orthosiphoninnya, juga berkhasiat melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Umumnya warga Sumatra Barat merebus tumbuhan ini, untuk mendapatkan khasiatnya. Penyakit yang bisa diatasi selain infeksi ginjal akut dan kronis, adalah rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

Jika anda penderita penyakit infeksi ginjal dan hipertensi,

segeralah cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Semua bahan direbus, dalam tiga gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

Untuk penderita infeksi saluran kencing, sering buang air kecil karena air kencing keluar sedikit demi sedikit, segeralah cari daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang. Semua herba, dalam berat 30 gram, lalu dicuci sampai bersih. semua bahan dipotong-potong seperlunya, lalu direbus dalam tiga gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, air tersebut kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak tiga kali sehari.

Bagi penderita kencing batu, ambil 90 gram herba kumis kucing, lalu dicuci bersih dan direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, minumlah sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Jangan bosan meminumnya, hingga anda mendapat kesembuhan.


Dari hasil penelitian, kumis kucing terbukti memiliki efek betha blocker (pengaruh terhadap tekanan darah dan serangan jantung). Ia juga dipercaya membantu pembuangan racun dalam tubuh tanpa gejala dehidrasi, serta memperlancar fungsi ginjal.


Sumber : togakita.com

KEGUNAAN KUMIS KUCING

Nyeri buang air seni:

Cara I: Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren.

Cara II: 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.

Batu ginjal:

Cara I: 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari.

Cara II: 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air re busan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.

Rematik:

Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Lalu diminum.

Sakit pinggang:

7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

Radang ginjal:

40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

Masuk angin:

1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Demam:

100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari. (mrd)

Sumber : www.likomedia.or.id

KUMIS KUCING

Daun kumis kucing mengandung minyak atsiri, saponin, zat lemak dan yang menyeb abkan tanaman ini mempunyai khasiat sebagai diuretika adalah kandungan unsur kalium. Reputasinya sebagai diuretika telah membuat terpilih dan dipakai bersama tanaman lain dalam ramuan untuk mengatasi gangguan tekanan darah tinggi.Ini karena memang salah satu upaya yang selama ini dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan pengaturan pengeluaran air kencing.

Untuk langkah pencegahan dan pemeliharaan organ ginjal, kita dapat saja minum rebusan daun kumis kucing secara teratur dua kali seminggu, yaitu yang dibuat dari seperempat genggam daun segar direbus dengan segelas air hingga air tersisa setengah gelas.
Minumlah air rebusan itu sekaligus setelah diberi madu atau gula secukupnya sebagai pemanis, atau kalo suka tanpa penambahan apapun.

%d bloggers like this: